Petunjuk Penggunaan Media
Gambar: Ilustrasi Manusia Bercocok Tanam Zaman Prasejarah
Sumber: http://eprints.ulm.ac.id/1225/


Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
  4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar :

  1. Menganalisis kehidupan manusia dan hasil hasil budaya masyarakat Pra Aksara Indonesia.
  2. Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasil- hasil budaya khususnya masyarakat Pra Aksara Indonesia.

Indikator Pencapaian Kompetensi :

  1. Menjelaskan dan mengaitkan kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya masyarakat prasejarah Indonesia.
  2. Mengembangkan dan merumuskan informasi mengenai manusia dan hasil- hasil budaya khususnya masyarakat prasejarah Indonesia.

Tujuan Pembelajaran :

Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:

  1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan dan mengaitkan kehidupan manusia dan jenis-jenis manusia Indonesia zaman prasejarah secara santun dan rasa ingin tahu.
  2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat mengembangkan dan merumuskan informasi mengenai jenis kebudayaan dan hasil-hasil budaya masyarakat prasejarah Indonesia  dalam  bentuk tulisan dengan tanggung jawab

Materi Pembelajaran

Zaman Prasejarah di Indonesia:

  1. Kehidupan manusia dan  jenis-jenis manusia Indonesia zaman prasejarah
  2. Jenis kebudayaan dan hasil-hasil budaya masyarakat prasejarah Indonesia

Mengenal Hobblibe

Hobbline adalah media pembelajaran berbasis blog online yang berisi tentang materi zaman prasejarah Indonesia. Hobbline dapat diakses melalui web browser di situs www.hobbline.com. Seluruh materi yang ada dalam Hobbline secara umum membahas mengenai zaman Paleolitik, Mesolitik, Neolitik, dan Paleometalik.

Tahap Penggunaan Hobbline

  1. Siswa mendapat tugas kelompok untuk mempelajari dan mendiskusikan tema tertentu tentang zaman prasejarah Indonesia.
  2. Siswa mengakses media Hobbline di www.hobline.com.
  3. Klik menu materi Prasejarah dan pilih submenu sesuai tugas yang diberikan.
  4. Siswa membaca artikel seputar materi prasejarah atau melihat dan mendengarkan video yang ada dalam Hobbline.
  5. Siswa dapat memberikan komentar sebagai pertanyaan atau respon tenang materi yang ada di Hobbline. Kolom komentar berada di footer tiap-tiap materi.
  6. Siswa mencatat hal-hal penting dan mendiskusikannya dalam kelompok masing-masing.
  7. Hasil diskusi dipresentasikan melalui WAGroup dan/atau di kelas.